Kamis, 24 Juli 2014

Joy Stick


Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Alat ini umumnya digunakan sebagai :
·      Pelengkap untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
·      Untuk mengontrol permainan video.
·      Tuas control(joystick) juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
·      Untuk mempermudah gamers dalam bermain games.

Macam-Macam Joystick
·      Joystick stir mobil


Jenis joystick diatas berbentuk seperti stir mobil dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.

·      Joystick berupa stick PS


Jenis joystick diatas digunakan untuk memainkan gama-game berjenis perang,seperti Call Of Duty atau Medal Of Honor

·      Joystick berupa stir pesawat


Jenis joystick diatas berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.

·      Joystick PC dengan fungsi Turbo
 

Berbeda dengan joystick yang beredar dipasaran, Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC Turbo digunakan untuk permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axis dan juga memiliki Ailero, Elavator, Trottle, dan Control Power. Fungsi Turbo untuk pengulangan otomatis, bisa memainkan permainan pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkan senjata otomatis yang baik. Metal Steike 3D memiliki 13 tombol.

CARA KERJA :
Joystick  merupakan piranti penuding tak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas (pada joystick absolut) atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik.
Alat ini digunakan untuk memindahkan obyek gambar dalam layar monitor, fungsinya hampir sama dengan mouse namun joystick hanya digunakan untuk program game, dalam pengoperasiannya, joystick  tidak memerlukan tempat yang luas. Setelah perintah mulai diterima oleh joystick maka joystick akan mengirim data yang menunjukkan ID dari  joystick  ( 0×41 untuk joystik digital dan 0×73 untuk  joystick  analog red mode ). Pada saat yang bersamaan dengan josytick  mengirim ID mikrokontroler juga mengirim data ( 0×42 ) untuk meminta data dari  joystick . Saat data (0x42) diterima maka joystick  akan membalas dengan mengirim data (0x52) sebagai pemberitahuan bahwa data akan segera dikirim. Setelah itu joystick mengirim data 6x8 bit yang berisi informasi tombol mana saja yang ditekan (semua tombol adalah aktif low).

SEJARAH PERKEMBANGAN :
Joystick mulai dikenal pada abad 20an pada waktu itu di nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.
Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik. 2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman. Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah target nya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.
Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri komputer dan para pemakai lain.
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan Sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Sang Pencari 2013

Template By Akbar