Joystick atau dalam
bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang
berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat
mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Alat ini umumnya digunakan sebagai :
· Pelengkap
untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
· Untuk
mengontrol permainan video.
· Tuas
control(joystick) juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada
kursi roda bermotor dan truk.
· Untuk
mempermudah gamers dalam bermain games.
Macam-Macam Joystick
· Joystick
stir mobil
Jenis joystick diatas berbentuk seperti stir mobil
dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.
· Joystick
berupa stick PS
Jenis joystick diatas digunakan untuk memainkan
gama-game berjenis perang,seperti Call Of Duty atau Medal Of Honor
· Joystick
berupa stir pesawat
Jenis joystick diatas berbentuk lonjong ke atas dan
berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.
· Joystick
PC dengan fungsi Turbo
Berbeda dengan joystick yang beredar dipasaran, Metal
Strike 3D nama dari jenis joystick PC Turbo digunakan untuk permainan simulasi penerbangan
dengan desain 4 axis dan juga memiliki Ailero, Elavator, Trottle, dan Control
Power. Fungsi Turbo untuk pengulangan otomatis, bisa memainkan permainan
pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkan senjata otomatis yang baik.
Metal Steike 3D memiliki 13 tombol.
CARA
KERJA :
Joystick merupakan piranti penuding tak langsung.
Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas (pada joystick absolut) atau
dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat
dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik.
Alat ini digunakan
untuk memindahkan obyek gambar dalam layar monitor, fungsinya hampir sama
dengan mouse namun joystick hanya digunakan untuk program game, dalam
pengoperasiannya, joystick tidak
memerlukan tempat yang luas. Setelah perintah mulai diterima oleh joystick maka
joystick akan mengirim data yang menunjukkan ID dari joystick
( 0×41 untuk joystik digital dan 0×73 untuk joystick
analog red mode ). Pada saat yang bersamaan dengan josytick mengirim ID mikrokontroler juga mengirim data
( 0×42 ) untuk meminta data dari
joystick . Saat data (0x42) diterima maka joystick akan membalas dengan mengirim data (0x52)
sebagai pemberitahuan bahwa data akan segera dikirim. Setelah itu joystick
mengirim data 6x8 bit yang berisi informasi tombol mana saja yang ditekan
(semua tombol adalah aktif low).
SEJARAH
PERKEMBANGAN :
Joystick mulai dikenal
pada abad 20an pada waktu itu di nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat
terbang.
Kemudian joystick
berkembang menjadi alat elektrik. 2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun
1944 di Negara Jerman. Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang
pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan
oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah target nya. Joystick ini
mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat
yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.
Pada tahun 1960
penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat
udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh
Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri
komputer dan para pemakai lain.
Pada tahun 1967 Ralph
H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game
video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer
untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal
istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan
Nintendo dan Sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick
dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).
Baca selengkapnya »
0 komentar:
Posting Komentar