Rabu, 23 Juli 2014

Trackball


Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola yang dipegang oleh soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu-seperti terbalik tikus dengan bola menonjol terpapar.
Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse. Permasalahanya Trackball rentan dengan debu dan kotoran lainnya yang membuatnya menjadi kurang lancar ketika digunakan.
JENIS TRACKBALL
·      SlimBlade Trackball
·      Expert Mouse
·      SlimBlade Trackball Mouse
·      Orbit Optical Trackball

CARA KERJA :
Prinsip kerja trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakan  seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trackball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan gerakan rotasi bola yang ada di atas badan trackball.

SEJARAH PERKEMBANGAN :
Trackball pertama kali diciptakan di dunia oleh 3 orang peneliti yaitu Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor yang bekerja pada sebuah proyek Angkatan Laut Kanada di tahun 1952. trackball ini pertama kali digunakan untuk permainan bowling lima pin di Kanada. Ini artinya trackball ditemukan lebih dulu daripada mouse yang diciptakan pada tahun 1965
Saat itu trackball memiliki keuntungan lebih baik daripada mouse karena kontak dengan tangan para pengguna yang umumnya lebih bersih dari pada meja atau mousepad dan bola padatrackball lebih mudah digulirkan dan tidak seseret roda atau bola pada mouse.
Sekitar era tahun 1970-an akhir trackball telah muncul dalam permainan komputer dan video, dan game arcade. Karena kemudahannya dalam menggulirkan bola trackball disukai oleh banyak pemain game professional. Selanjutnya trackball berevolusi dan disediakan sebagai perangkat penunjuk di beberapa terminal akses internet publik.
Tidak seperti mouse, trackball dengan mudah dapat dibangun ke sebuah konsol, tidak dapat diambil dengan mudah atau mudah dirusak. Dua contoh adalah konsol yang menggunakan trackball pada waktu itu adalah browsing internet yang disediakan di gerai McDonald di beberapa kota di Inggris dan BT Internet Broadband pada kotak telepon umum.
Kelebihan trackball yang hanya membutuhkan sedikit ruang untuk beroperasi daripada menggunakan mouse membuatnya disukai oleh para scientist di laboratorium. Selain itu dengan menggunakan trackball Anda akan lebih mudah melakukan browsing internet di beberapa tempat yang sulit dilakukan oleh mouse seperti tempat tidur atau mungkin saat Anda sedang dalam perjalanan.

Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Sang Pencari 2013

Template By Akbar